Mukhlisin99’s Blog

Instrumen Pengawas Pendidikan Agama Islam

Posted on: Mei 8, 2009

I. Perencanaan Proses Pembelajaran

A. Peran Pengawas dalam Pengembangan Kurikulum

1. Membimbing/mendampingi pembuatan KTSP
2. Membimbing/mendampingi penyusunan silabus dan RPP
3. Mendiskusikan kesulitan yang dihadapi tim kurikulum dalam mengembangkan KTSP ( dokumen 1 )
4. Mendiskusikan kesulitan yang dihadapi guru dalam membuat silabus dan RPP
5. Mereview hasil pengembangan kurikulum ( mereview dokumen 1, KTSP, Silabus, RPP )

B. Langkah Penggunaan Instrumen

1. Tahap Praobservasi
a). Pengawas melakukan wawancara dengan kepala madrasah tentang perlunya mereview kurikulum yang telah dikembangkan dan perangkat kurikulum apa saja yang telah dikembangkan.
b). Bersama-sama kepala madrasah membahas hal-hal yang akan diamati dalam mereview/menilai KTSP dokumen 1, silabus, dan RPP.

2. Tahap Pendampingan/Observasi
a). Memantau kegiatan penyusunan kurikulum di madrasah ( KTSP Dokumen 1, Dokumen II, Silabus, dan RPP )
b). Mendiskusikan kesulitan dan pemecahannya dalam pengembangan kurikulum

3. Tahap Pengamatan Dokumen
a) Pengawas melakukan pengamatan kelengkapan dokumen dan kesesuaian antar kompunen dalam dokumen kurikulum yang di miliki madrasah dengan menggunakan instrument penilaian model A
b) Pengawas melakukan pengamatan terhadap ketepatan kompunen silabus dan RPP, Sampel diamati sendiri oleh pengawas.
c) Pengawas mengoreksi dan menambahkan komentar terhadap KTSP,Silabus, dan RPP yang diamati.

4. Tahap Diskusi Hasil Temuan
a). Pengawas bertemu dengan kepala madrasah dan para guru untuk membahas temuan dalam dokumen kurikulum yang dikembangkan.
b). Secara bersama-sama menentukan tindak lanjut ( dokumen yang belum lengkap didiskusikan strategi/cara untuk melengkapi, yang kurang tepat dicarikan cara untuk memperbaiki, dsb)
c). Pengawas memotivasi guru dan kepala madras an mengenai pentingnya mengembankan kurikulm secara benar.
INSTRUMEN AWAL KUNJUNGAN LAPANGAN UNTUK PENGAWAS

Nama Madrasah : ……………………..
Pengawas : ……………………..

1. PENGEMBANGAN KURIKULUM.
a. Masalah apa saja yang dihadapi dalam perencanaan kurikulum ( penyusunan KTSP dokumen 1, Silabus, RPP, dan SK/KD Mulok ) ?

b. Masalah apa saja yang dihadapi madrasah dalam pelaksanaan kurikulum ?

c. Masalah apa saja yang dihadapi sekolah dalam melaksanakan monitoring pelaksanaan kurikulum ?

d. Apa yang bias dibantu dari masalah-masalah yang dihadapi ?

2. ALTERNATIF PEMECAHAN YANG DIRENCANAKAN

a. Masalah 1

b. Masalah 2

c. Masalah 3

d. Masalah 4

PANDUAN PERTANYAAN UNTUK GURU

Nama Madrasah : …………………………..
Nama Guru : …………………………..
Pengawas : …………………………..

1. PENGEMBANGAN KURIKULUM
a. Masalah apa saja yang dihadapi guru dalam pembuatan silabus dan RPP ?

b. Masalah apa saja yang dihadapi Bapak/Ibu dalam implementasi RPP ( Proses pembelajan ?

c. Maslah apa saja yang dihadapi Bapak/ibu dalam menyiapkan media dan sumber belajar ?

d. Masalah apa saja yang dihadapi Bapak/Ibu dalam pelaksanaan penilian ?

e. Apa yang bias dibantu dari masalah-masalah yang dihadapi ?

2. ALTERNATIF PEMECAHAN YANG DIRENCANAKAN

a. Masalah 1

b. Masalah 2

c. Masalah 3

d. Masalah 4

INTRUMEN MONITORING DAN EVALUASI PENGAWASAN
UNTUK PENGAWAS

NO KEGIATAN CHECKLIST BENTUK KEGIATAN/BUKTI/CONTOH
YA TIDAK
1. Menyusun Program Tahunan Pengawas

2. Menyusun Program Semester Pengawas

3. Menyusun Rencana Program Pengawas ( RPS )

4. Melakukan supervisi kinerja kepala madrasah

5. Melakukan supervise kinerja guru

6. Melakukan supervise evaluasi kurikulum

7. Melakukan supervise evaluasi pembelajaran

8. Melakukan Refleksi Program Kepengawasan bersama Pokjawas

9. Melakukan penguatan kapasitas diri

10. Menindaklanjuti hasil pengawasan

11. Menyusun laporan pelaksanaan program supervise

…………………………,………

Kepala,

Lampiran 04 : Format dan contoh program tahunan pengawas

PROGRAM TAHUNAN PENGAWAS

Nama Madrasah : Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Tahun Pelajaran :

SEMESTER PROGRAM ALOKASI WAKTU Kunjungan
I Membuat rencana pelaksanaan supervisi kurikulum 180 menit -
Mendampingi kepala madrasah, guru, dan komite madrasah dalam menyusun KTSP (Dokumen 1 KKM, Mulok, Struktur Kurikulum, kalender akademik, pengembangan diri, dsb.) 90 menit

1 kali kunjungan

Mendampingi guru dalam menyusun silabus dan RPP (Dok 2) 90 menit
Mengecek kelengkapan dokumen KTSP 30 menit 1 kali kunjungan

Memfasilitasi kepala madrasah dalam membuat rencana supervisi dan monitoring pelaksanaan kurikulum 60 menit
Melakukan kunjungan kelas dan observasi kegiatan siswa sebanyak 2 kali kunjungan 180 menit 1 kali kunjungan
Menyusun instrumen evaluasi kinerja kepala madrasah dan guru dalam melaksanakan pengembangan kurikulum 120 menit -
Jumlah 300 menit kerja di kantor 480 menit di lapangan 3 kali kunju
ngan
II Melakukan kunjungan kelas dan observasi kegiatan siswa 180 menit 1 kali kunjungan
Memotivasi dan membimbing guru dalam merencanakan dan melaksanakan penelitian tindakan kelas 90
Menit
1 kali kunjungan
Memantau pelaksanaan kurikulum dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala madrasah dalam mempersiapkan akreditasi madrasah 30 menit
Mendampingi kepala madrasah dalam menyusun kriteria keberhasilan pelaksanaan kurikulum 30 menit
Melakukan evaluasi terhadap kinerja kepala madrasah dan guru dalam melaksanakan tugas kurikulum 30 menit
Memonitor perkembangan hasil belajar siswa 30 menit 1 kali kunjungan
Memetakan hasil belajar siswa di madrasah binaannya 30 menit
Menyusun laporan pelaksanaan supervisi kurikulum. 30 menit
Jumlah 450 menit
di lapangan 3 kali kunjung
an

Mengetahui
Kepala Kandepag,

………………………………………..
NIP.
……………….., ………………………….

Pengawas,

………………………………………..
NIP.

Lampiran 06 : Instrumen Monitoring dan Evaluasi Kelengkapan Isi KTSP di Tingkat Sekolah (untuk Dokumen I dan dokumen 2)

Petunjuk :
1) Amati dokumen 1 KTSP dengan sejumlah aspeknya yang ada di madrasah
2) Pilihlah deskripsi yang sesuai dengan keadaan dokumen 1 KTSP yang sedang Anda amati
3) Pilihlah skor sesuai dengan keadaan yang Anda amati pada tiap-tiap aspek!
4) Jumlahkan seluruh skor dan bandingkan dengan kriteria berikut
5) Buatlah penilaian dengan kriteria berikut:

25- 30 = ketersediaan dokumen 1 sangat baik
20- 24 = ketersediaan dokumen 1 t baik
15 – 19 = ketersediaan dokumen 1 cukup
10 – 14 = ketersediaan dokumen 1 kurang
< 10 = ketersediaan dokumen 1 sangat kurang

INSTRUMEN PENYUSUNAN DOKUMEN 1
Madrasah :
No. Aspek Deskripsi Skor
1. Pendahuluan • Pendahuluan berisi tujuan pembuatan KTSP, landasan hukum, deskripsi konteks madrasah
• Mencantumkan 2 komponen
• Mencantumkan 1 komponen
• Tidak mencantumkan semua komponen 3

2
1
0
2. Tujuan • Mencantumkan tujuan pendidikan dasar/menengah, visi madrasah yang sesuai, misi madrasah yang dijabarkan dari visi, tujuan madrasah
• Mencantumkan 3 komponen
• Mencantumkan 2 komponen
• Mencantumkan 1 komponen 3

2
1
0
3. Muatan mata pelajaran • Mencantumkan SKL/ tujuan semua mapel
• Mencantumkan SKL/tujuan dari sebagian besar mapel
• Mencantumkan SKL/tujuan dari sebagian kecil mapel
• Tidak mencantumkan SKL/tujuan dari semua mapel

3
2

1

0

4. Struktur kurikulum • Mencantumkan (1) jenis mapel pada sruktur kurikulum sesuai dengan stuktur kurikulum madrasah MI 8 mapel, muatan lokal, dan pengembangan diri dengan pola di kelas I –III tematik dan kelas IV –VI mata pelajaran; MTs 11 mapel dengan muatan lokal, dan pengembangan diri, MA 17 (untuk kelas X) muatan lokal, dan pengembangan diri, (2) alokasi waktu tiap mapel dalam sruktur kurikulum sesuai dengan yang tercantum pada struktur kurikulum (Permenag Nomor 2 2008), (3) jumlah alokasi waktu keseluruhan dalam struktur kurikulum maksimal bisa ditambahkan 4 jam, (4) berisi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan (MI 6 tahun, MTs 3 tahun, MA 3 tahun),
• Mencantumkan2 atau 3 kriteria
• Mencantumkan 1 kriteria
• Tidak memenuhi semua kriteria 3

2
1
0
5. Pengembangan diri • Mencantumkan prosedur pengembangan diri yang berupa kegiatan (1) rutin/ spontan/ keteladanan untuk pembentukan pribadi secara utuh, (2) konseling untuk perkembangan pribadi dan sosial, dan (3) ekskul beragam sesuai dengan berbagai minat siswa
• Mecantumkan pengembangan diri 2 komponen
• Mencantumkan pengembangan diri 1 komponen
• Tidak mencantumkan semua komponen
6. Mulok • (1) Mencantumkan mulok yang sesuai dengan konteks daerah/karakteristik madrasah, (2) mencantumkan prosedur penyajiannya (mana yang wajib/pilihan), (3) mencanumkan jadwal penyajian mulok per semester /per kelas
• Mencantumkan 2 kriteria
• Mencantumkan 1 kriteria
• Tidak mencantumkan semua kriteria 3

2
1
0
7. Beban belajar • Terdapat (1) uraian sistem penyelenggaraan program pendidikan dengan menggunakan (sistem paket atau sistem kredit semester), (2) pengaturan kegiatan tatap muka yaitu kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik (MI 35 menit; MTs 40 menit, MA 45 menit), (3) aturan pelaksanaan tugas terstruktur (MI maksimal 40%, MTs maksimal 50%, MA maksimal 60% dari jam tatap muka.
• Mencantumkan 2 kriteria
• Mencantumkan 1 kriteria
• Tidak mencantumkan semua kriteria

8. KKM dan rancangan program remedial untuk mengatasi siswa yang tidak mencapai KKM • Terdapat (1) KKM yang dirumuskan berdasarkan intake, kompleksitas, dan sumber daya, (2) rancangan kegiatan remedial sebagai tindak lanjut siswa -siswi yang belum mencapai KKM, (3) KKM semua mapel dicantumkan
• Mencantumkan 2 kriteria
• Mencantumkan 1 kriteria
• Tidak mencantumkan semua kriteria
Kecakapan hidup, keunggulan lokal, dan global • Terdapat (1) rancangan pendidikan kecakapan hidup untuk mengembangkan kemampuan personal, sosial, dan vokasional bagi siswa-siswi, (2) rancangan kegiatan untuk mendorong siswa-siswi untuk memahami dan terampil melakukan keunggulan daerahnya,(3) terdapat rancangan untuk membekali siswa-siswi hidup di dunia global
• Mencantumkan 2 kriteria
• Mencantumkan 1 kriteria
• Tidak mencantumkan semua kriteria
9. Kalender Akademik • Terdapat pengaturan waktu dengan kriteria (1) alokasi /jumlah pekan efektif berada pada rentang 34-38, (2) mengatur pekan efektif, ulangan, libur semester , (3) mengatur awal dan akhir masuk sekolah
• Mencantumkan 2 kriteria
• Mencantumkan 1 kriteria
• Tidak mencantumkan semua kriteria

10. Proses penyusunan kurikulum • Penyusunan KTSP melibatkan kepala madrasah, komite, guru, dan tokoh masyarakat
• Melibatkan 2 atau 3 komponen
• Melibatkan 1 komponen
• Tidak melibatkan semua komponen

Skor maksimal 30

Petunjuk :
6) Amati dokumen silabus semua mapel yang dimiliki madrasah
7) Pilihlah deskripsi yang sesuai dengan keadaan dokumen silabus yang sedang Anda amati
8) Pilihlah skor sesuai dengan keadaan yang Anda amati pada tiap-tiap aspek!
9) Jumlahkan seluruh skor dan bandingkan dengan kriteria berikut
10) Buatlah penilaian dengan kriteria berikut:

9- 10 = ketersediaan dokumen 2 sangat baik
7- 8 = ketersediaan dokumen 2 baik
5– 6 = ketersediaan dokumen 2 cukup
< 5= ketersediaan dokumen 2 kurang

No. Aspek Deskripsi Skor
1. Ketersediaan silabus untuk mapel
• Ketersediaan silabus semua mapel yang menjabarkan semua SK/KD sesuai dengan mapel masing-masing
• Ketersediaan silabus sebagian besar mapel (75%-90%) yang menjabarkan semua SK/KD sesuai dengan mapel masing-masing
• Ketersediaan silabus separuh (50%- 70% mapel yang menjabarkan semua SK/KD sesuai dengan mapel masing-masing
• Tersedia kurang dari separuh (kurang 50%) dari mapel yang ada pada struktur kurikulum
• Tidak tersedia silabus yang menjabarkan SK/KD dalam standar isi
4

3

2

1

0

2. Ketersediaan SK/KD silabus untuk mulok dan program pengembangan diri
• Ketersediaan SK/KD mulok ,silabus semua mulok, program untuk BK
• Ketersediaan 2 kompnen
• Ketersdiaan 1 komponen
• Belum tersedia semua komponen 3

2
1
0

3. Ketersediaan bahan pendukung • Tersedia SK/KD semua mapel, panduan penyusunan silabus, panduan penyusunan RPP
• Tersedia 2 komponen
• Tersedia 1 komponen
• Tidak tersedia semua komponen 3

2
1
0

Skor maksimal 10

INSTRUMEN C

Kualitas Komponen Silabus

Lampiran 07 : Instrumen Monitoring dan Evaluasi Pengembangan Silabus
Petunjuk :
1) Berilah tanda centang dikolom ya atau tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya
2) Tulislah pada kolom catatan tentang komentar jawaban anda bila ya keterangannya ditulis dan bila tidak keterangannya juga dituliskan
3) Tulislah deskripsi hasil monitoring pada baris yang telah disediakan, dengan kriteria sebagai berikut:
A: apabila silabus telah memenuhi 13-16 butir rubrik
B: apabila silabus telah memenuhi 9-12 butir rubrik
C: apabila silabus telah memenuhi 8 butir rubrik
D: apabila silabus telah mmenuhi 1-4 butir rubrik
E. Tidak mengembangkan silabus

Nama Guru: ……………………………
Mata Pelajaran : ………………………….
No. Aspek Penilaian
Deskriptor Ya Tidak Penje-lasan
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
1. Kelengkap-an Standar Isi 1. Telah mencakup seluruh standar isi dalam mapel
2. Penataan dan pengurutan standar isi logis
2. Kegiatan Pembelajaran 3. Kegiatan pembelajaran memuat aktivitas belajar yang berpusat pada siswa
4. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran mendukung tercapainya KD
5. Kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kecakapan hidup personal (kritis, social, akademik)
3. Ketepatan Materi Pembelajaran
6. Materi pembelajaran benar secara keilmuan
7. Materi pembelajaran mendukung pencapaian KD (Selaras dengan KD)
4.. Indikator 8. Rumusan indikator berisi jabaran perilaku untuk mengukur tercapainya KD
9. Rumusan indikator berupa kata kerja operasional
10. Satu KD dapat dikembangkan lebih dari satu indikator
5. Alokasi Waktu
11. Alokasi waktu sesuai dengan kedalaman, keluasan dan tingkat kesulitan KD
12. Jumlah alokasi waktu sesuai dengan program semester yang telah disusun
6. Penilaian 13. Alat penilaian sesuai dengan tuntutan indikator
14. Penilaian mencakup seluruh indikator
7. Sumber Belajar 15. Sumber belajar sesuai untuk mendukung tercapainya KD
16. Sumber belajar bervariasi (baik di dalam maupun di luar kelas)

Deskripsi hasil monitoring:
…………………………………………………………………………………………………………………

Saran untuk perbaikan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Mengetahui Kepala Madrasah, Pengawas,
……………………………………….

………………………………………. ……………………………………………
NIP. NIP.

Lampiran 08 : Instrumen Monitoring dan Evaluasi Pengembangan RPP
Petunjuk :
1) Berilah tanda centang dikolom ya atau tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya
2) Tulislah pada kolom catatan tentang komentar jawaban anda bila ya keterangannya ditulis dan bila tidak keterangannya juga dituliskan
3) Tulislah deskripsi hasil monitoring pada baris yang telah disediakan, dengan kriteria sebagai berikut:
A: apabila RPP telah memenuhi 19-25 butir rubrik
B: apabila RPP Pendidikan telah memenuhi 13-18 butir rubrik
C: apabila RPP telah memenuhi 7-12 butir rubrik
D: apabila RPP telah memenuhi 1-6 butir rubrik
E: Tidak ada dokumen RPP

Nama Guru : ………………………….
Mata Pelajaran: …………………………….

Aspek Penilaian Deskriptor Ya Tidak Penjelas-an
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
Identitas 1. Mencantumkan matapelajaran, kelas, semester, KD, dan alokasi waktu secara jelas
Tujuan Pembelajaran
2. Rumusan tujuan pembelajaran sesuai dengan KD
3. Rumusan tujuan berisi prilaku operasional dan materi.
Metode Pembelajaran 4.
Metode pembelajaran bervariasi
5. Tiap-tiap metode yang dicantumkan benar-benar tercermin dalam langkah-langkah pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran 6. Pendahuluan berisi pengaitan kompetensi yang akan dibelajarkan dengan konteks kehidupan siswa/apersepsi/ memotivasi dengan berbagai rangsangan ( dikaitkan dengan nilai-nilai islami )
7. Menjelaskan tujuan pembelajaran
8. Kegiatan inti berisi kegiatan Eksplorasi ( melibatkan siswa mencari informasi, mengamati berbagai obyek yang berkaitan dengan KD )
9. Kegiatan inti berisi kegiatan Elaborasi ( mengajak siswa berfikir lebih rinci tentang hal-hal yg telah diamati untuk memperoleh kesimpulan )
10. Kegiatan inti berisi kegiatan Konfirmasi ( memantapkan / memberikan umpan balik / meluruskan hasil temuan siswa )
11. Inti pembelajaran yang
12. dirancang berfokus (berpusat) pada siswa
13. Inti pembelajaran memberi kesempatan siswa bekerja sama dengan teman atau berinteraksi dengan lingkungan/masyarakat sekitar
14. Penutup pembelajaran berisi penyimpulan/ refleksi (membahas kembali apa yang telah dilakukan ) dan tindak lanjut (tugas dan pengayaan)
15. Rumusan langkah-langkah pembelajaran menggambarkan kegiatan dan materi yang akan dicapai.
Pengembangan materi dan bahan ajar 16. Materi pembelajaran benar secara keilmuan
17. Mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa
18. Materi pembelajaran mendukung pencapaian KD (Selaras dengan KD)
19. Materi pembelajaran dijabarkan berupa bahan ajar / LKS sehingga mudah digunakan sebagai bahan mengajar
Merencanakan Pengelolaan Kelas 20. Penataan Ruang kelas yang mendukung proses PAIKEM ( Pembelajaran Aktif Inovativ Kreatif Efektif dan Menyenangkan ) / CTL ( Pembelajaran Kontekstual ).
21. Pengorganisasian kelas bervariasi ( Individu, Kelompok, Klasikal ).
Sumber Belajar 22. Sumber belajar sesuai untuk mendukung tercapainya KD
23. Sumber belajar bervariasi
Penilaian 24. Alat penilaian sesuai dan mencakup seluruh indikator
25. Rubrik, pedoman penyekoran, kunci jawaban dicantumkan secara jelas dan tepat

Deskripsi hasil monitoring:
……………………………………………………………………………………………………….

Saran :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Mengetahui
Kepala Madrasah …………………………….. Pengawas

………………………………… ……………………..
NIP. NIP.

Lampiran 09 : Format instrumen observasi kelas dan wawancara

PANDUAN PERTANYAAN UNTUK GURU
Nama Madrasah:
Nama Guru :
Pengawas :

1. PENGEMBANGAN KURIKULUM

a. Masalah apa saja yang dihadapi guru dalam pembuatan silabus dan RPP?

b. Masalah apa saja yang dihadapi guru dalam implementasi RPP (proses pembelajaran)?

c. Masalah apa saja yang dihadapi sekolah dalam menyiapkan media dan sumber belajar?

d. Masalah apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan assessment dan penilaian

e. Apa yang bisa dibantu dari masalah-masalah yang dihadapi?

2. ALTERNATIF PEMECAHAN YANG DIRENCANAKAN

a. Masalah1

b. Masalah 2

c. Masalah 3

d.Masalah 4

Lampiran 10 : Instrumen Monitoring dan Evaluasi Kinerja Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kurikulum
Petunjuk :
1) Berilah tanda centang dikolom ya atau tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya
2) Tulislah pada kolom catatan tentang komentar jawaban anda bila ya keterangannya ditulis dan bila tidak keterangannya juga dituliskan
3) Tulislah deskripsi hasil monitoring pada baris yang telah disediakan, dengan kriteria sebagai berikut:
A: apabila Kepala Madrasah telah melaksanakan 9-10 butir rubrik
B: apabila Kepala Madrasah telah melaksanakan 6-8 butir rubrik
C: apabila Kepala Madrasah telah melaksanakan 3-5 butir rubrik
D: apabila Kepala Madrasah telah melaksanakan 1-3 butir rubrik
E: Tidak melaksanakan tugas pengembangan kurikulum

Nama Madrasah : …………………………………….
Alamat Madrasah : …………………………………….
No. Kegiatan Checklist Keterangan
Ya Tidak
(1) (2) (3) (4) (5)
1. Kepala Madrasah memfasilitasi madrasah untuk membentuk dan memberdayakan tim pengembang kurikulum
2. Kepala Madrasah memberdayakan tenaga kependidikan sekolah agar mampu menyediakan dokumen-dokumen kurikulum
3. Kepala Madrasah memfasilitasi guru untuk pengembangkan standar kompetensi setiap mata pelajaran
4. Kepala Madrasah memfasilitasi guru untuk menyusun silabus setiap mata pelajaran
5. Kepala Madrasah memfasilitasi guru untuk memilih buku sumber yang sesuai untuk setiap mata pelajaran
6. Kepala Madrasah mengarahkan tim pengembang kurikulum untuk mengupayakan kesesuaian urikulum dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks), tuntutan dan
kebutuhan masyarakat, dan kebutuhan peserta didik
7. Kepala Madrasah mengidentifikasi kebutuhan bagi pengembangan kurikulum lokal
8. Kepala Madrasah memusatkan perhatian pada pengelolaan proses belajar mengajar sebagai kegiatan utamanya, dan menyiapkan kegiatan-kegiatan lain sebagai penunjang/pendukung proses belajar mengajar.
9. Kepala Madrasah membimbing guru dalam mengembangkan dan memperbaiki proses belajar mengajar
10. Kepala Madrasah mengevaluasi pelaksanaan kurikulum

Deskripsi hasil monitoring:
…………………………………………………………………………………………………………………..

Saran :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Mengetahui
Kepala Madrasah …………………………….. Pengawas

………………………………… ……………………..
NIP. NIP.

Lampiran 10 Instrumen Evaluasi Implementasi Dokumen 1 dan dokumen 2 pada

Petunjuk :
11) Amati pelaksanaan sejumlah aspek KTSP dokumen 1 yang ada di madrasah
12) Pilihlah deskripsi yang sesuai dengan keadaan pelaksanaan KTSP yang sedang Anda amati
13) Pilihlah skor sesuai dengan keadaan yang Anda amati pada tiap-tiap aspek!
14) Jumlahkan seluruh skor dan bandingkan dengan kriteria berikut
15) Buatlah penilaian dengan kriteria berikut:

Skor 20 – 24 = madrasah mengimplementasikan KTSP dokumen 1 dengan sangat baik
Skor 16 – 19 = madrasah mengimplementasikan KTSP dokumen 1 dengan baik
Skor 12 – 15 = madrasah mengimplementasikan KTSP dokumen 1 dengan cukup
Skor 0 – 11 = madrasah mengimplementasikan KTSP dokumen 1 dengan kategori kurang

A. INSTRUMEN IMPLEMENTASI DOKUMEN 1

No. Aspek Deskripsi Skor
1. Struktur kurikulum • Semua jenis mapel pada sruktur kurikulum (standar minimal) dilaksanakan dan alokasi waktu sesuai
• Semua jenis mapel pada sruktur kurikulum (standar minimal) dilaksanakan tapi ada mapel dengan alokasi waktu sesuai

• Ada jenis mapel pada sruktur kurikulum (standar minimal) yang tidak dilaksanakan /diajarkan tetapi alokasi waktu sesuai

• Beberapa (lebih 25%) jenis mapel pada sruktur kurikulum (standar minimal) tidak dilaksanakan /diajarkan dan alokasi waktu beberapa mapel dilaksanakan tidak sesuai dengan struktur kurikulum
3

2

1

0
2. Pelaksanaan pengembangan diri • Melaksanakan pengembangan diri yang berupa kegiatan (1) rutin/ spontan/ keteladanan untuk pembentukan pribadi secara utuh, (2) konseling untuk perkembangan pribadi dan sosial, dan (3) ekskul beragam sesuai dengan berbagai minat siswa
• Melaksanakan pengembangan diri 2 komponen
• Melaksanakan pengembangan diri 1 komponen
• Tidak melaksanakan komponen 3

2

1

0

3. Mulok • Semua mulok dilaksanakan sesuai dengan konteks daerah/karakteristik madrasah dan alokasi waktunya sesuai dengan yang tercantum pada struktur kurikulum
• Semua mulok dilaksanakan sesuai dengan konteks daerah/karakteristik madrasah tapi pelaksanaannya dengan alokasi waktu yang tidak sesuai dengan struktur kurikulum
• Ada jenis mulok pada struktur kurikulum yang tidak dilaksanakan (atau ada jenis mulok yang dilaksanakan dengan waktu yang kurang sesuai dengan struktur kurikulum)
• Tidak melaksanakan mulok 3

2

1

0

4. Beban belajar sesuai • Beban belajar semua mapel dilaksanakan sesuai (tatap muka MI =35’, MTs 40”, MA= 45’) dan tugas terstruktur sesuai (MI= 40% , MTs= 50%, MA = 60% dari tatap muka)dari waktu tatap muka
• Sebagian besar mapel (75%atau lebih) memberikan beban belajar tatap muka dan penugasan terstruktur yang sesuai
• Sebagian kecil (kurang dari 50%) mapel memberikan beban belajar tatap muka dan penugasan terstruktur yang sesuai
• Beban belajar semua mapel dilaksanakan melebihi /tidak sesuai dari waktu tatap muka
3

2

1

0

5. Ketersediaan dukungan sumber daya/ fasilitas untuk melaksanakan mapel, mulok, dan pengembangan diri • Terdapat dukungan (1) guru yang sesuai dengan mapel yang diampunya/ ,(2) pembmbing pengembangan diri yang sesuai, (3) ada dukungan dana, (4) fasilitas untuk pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan diri
• Terdapat 2 komponen dukungan
• Terdapat 1 komponen dukungan
• Tidak ada dukungan pelaksanaan 3

2
1
0

6. Penilaian dijabarkan menjadi perencanaan penilaian per mapel dan dilaksanakan sesuai prinsip pelaksanaan

• Semua mapel telah melakukan penilaian sesuai KKM serta memberi remedial bagi siswa yang tidak mencapai KKM
• Semua mapel telah melakukan berbagai penilaian sesuai dengan KKM tetapi belum melaksanakan remedial bagi siswa yang tidak mencapai KKM
• Ada beberapa mapel tidak melakukan penilaian sesuai KKM t
• Semua mapel belum melakukan penilaian sesuai KKM dan belum ada remedial 3

2

1

0

7.
Kalender Akademik • Waktu pelaksanaan (1) jumlah pekan efektif terentang 34-38 pekan, (2) awal dan akhir masuk sekolah sesuai dengan yang direncanakan, (3) pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang direncanakan, (4) melaksanakan penilaian sesuai waktu yang direncanakan
• Melaksanakan 2 komponen
• Melaksanakan 1 komponen
• Tidak melaksanakan semua komponen 3

2
1
0

8. Ketersediaan dukungan sumber daya/ fasilitas untuk melaksanakan mapel, mulok, dan pengembangan diri • Terdapat pelaksana pengembangan diri (ekskul, konseling) yang seimbang ( laki-laki dan perempuan) sehingga siswa-siswa dapat leluasa mengekspresikan pendapat dan pilihannya
• Terdapat dukungan RABPM untuk pelaksanaan mapel, mulok, atau pengembangan diri
• Terdapat dukungan teknis berupa format-format untuk pelaksanaan pembelajaran, layanan konseling, maupun ekskul
3

2

1

0

Skor maksimal 24

Implementasi Dokumen 2 Komponen Silabus dan RPP

Petunjuk :
1) Amati pelaksanaan sejumlah aspek pelaksanaan Standar Isi dalam bentuk pelaksanaan pembelajaran, penilaian, dan dokumen RPP
2) Pilihlah deskripsi yang sesuai dengan keadaan pelaksanaan pembelajaran, penilaian, dan dokumen yang sedang Anda amati
3) Pilihlah skor sesuai dengan keadaan yang Anda amati pada tiap-tiap aspek!
4) Jumlahkan seluruh skor dan bandingkan dengan kriteria berikut
5) Buatlah penilaian dengan kriteria berikut:

Skor 12 – 15 = madrasah mengimplementasikan Standar Isi dengan sangat baik
Skor 9 – 11 = madrasah mengimplementasikan Standar Isi dengan baik
Skor 6 – 8 = madrasah mengimplementasikan Standar Isi dengan cukup
Skor 0 – 5 = madrasah mengimplementasikan Standar Isi dengan kategori kurang

No. Aspek Deskripsi Skor
1. Penjabaran perangkat pembelajaran persiapan implementasi SK/KD

• Semua silabus madrasah dijabarkan menjadi RPP, dilengkapi LKS/bahan ajar dan media yang dibutuhkan
• Memiliki RPP semua mapel tapi belum dilengkapi LKS/ bahan ajar/ media yang relevan.
• Memiliki RPP sebagian mapel yang dilengkapi bahan ajar/LKS
• Memiliki RPP sebagian mapel yang belum dilengkapi bahan ajar/LKS
• Belum menjabarkan silabus menjadi RPP 4

3

2

1

0
2. Persiapan alat evaluasi untuk periapan implementasi • Semua mapel sudah dikembangkan alat penilaiannya sesuai dengan karakeristik KD
• Semua mapel sudah dikembangkan alat penilaiannya tapi ada yang belum sesuai dengan karakteristik KD
• Sebagian mapel sudah dikembangkan alat penilaiannya sesuai dengan karakeristik KD
• Belum dikembangkan alat penilaian untuk semua mapel 3

2

1

0
3. Pelaksanaan RPP tiap mapel
• Semua mapel membelajarkan KD dalam standar isi dengan melaksanakan pembelajaran aktif (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), mendorong kerjasama, menyenangkan, dan menggunakan multi strategi/multi media.
• Sebagian besar mapel (75%atau lebih) membelajarkan KD dalam standari isi dengan melaksanakan pembelajaran aktif (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), mendorong kerjasama, menyenangkan, dan menggunakan multi strategi/multi media.
• Separuh (50%-60%) mapel membelajarkan KD dalam standari isi dengan melaksanakan pembelajaran aktif (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), mendorong kerjasama, menyenangkan, dan menggunakan multi strategi/multi
• Sebagian kecil (kurang dari 50%) mapel membelajarkan KD dalam standari isi dengan pembelajaran aktif (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), mendorong kerjasama, menyenangkan, dan menggunakan multi strategi/multi media.
• Belum membelajarkan sama sekali KD dalam standar isi dengan pembelajaran aktif (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi) , mendorong kerjasama, menyenangkan, dan menggunakan multi strategi/multi media. 4

3

2

1

0

4. Pelaksanaan penilaian mapel

• Semua mapel telah melakukan berbagai penilaian sesuai dengan karakteristik kompetensinya serta memberi remedial bagi siswa yang tidak mencapai KKM
• Semua mapel telah melakukan berbagai penilaian sesuai dengan karakteristik kompetensinya tetapi belum melaksanakan remedial bagi siswa yang tidak mencapai KKM
• Sebagian besar mapel (60% atau lebih ) telah melakukan berbagai penilaian sesuai dengan karakteristik kompetensinya serta memberi remedial bagi siswa yang tidak mencapai KKM
• Sebagian kecil (separuh atau kurang dari 50%) mapel telah melakukan berbagai penilaian sesuai dengan karakteristik kompetensinya serta memberi remedial bagi siswa yang tidak mencapai KKM
• Belum ada mapel yang melakukan penilaian sesuai dengan karakteristik kompetensinya 4

3

2

1

0

Skr maksimal 15
Kriteria

…………………………………………………………….

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Kategori

Arsip

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: